cara membuat kabel otg sendiri

               cara membuat kabel OTG sendiri



Cara Membuat USB OTG Sendiri

by afaq punk post 19 febuari 2016
Untuk membuat USB OTG sebenarnya tergantung dari kreativitas kita, yang penting ada USB Female Type A, Kabel dan Micro USB Male Type B. Disini saya menggunakan bahan antara lain :
1. Adafter USB > PS2 :  Bagian USB A Female yang akan kita pakai gunakan.
2. Kabel USB Smartphone ( USB Male > Micro USB Male ) : Socket Micro USB yang akan kita gunakan.
Sedangkan Peralatan yang kita gunakan antara lain :
1. Solder dan timah solder ( tinol )
2. Isolasi Listrik
3. Pisau Cutter / Gunting
4. Gambar pengkabelan USB OTG ( biar gak salah menyambungkan )
Sedangkan langkah membuatnya yaitu 
  1. Bongkar Adafter PS2 dengan menggunakan Cutter, belah bagian samping karet pembungkus, buka karetnya kemudian kita lepas bagian soket PS2. Potong kabel USB dengan panjang sekitar 10 cm dan solderkan ke Soket USB dengan urutan kabel seperti pada gambar, kemudian kita pasang kembali karet pembungkusnya dengan di rekatkan dengan lem.
  2. Bongkar Soket Micro USB, belah menggunakan cutter, lepas karet pembungkus, hubungkan pin no 4 dengan pin no 5 ( kabel warna hitam ) dengan menggunakan solder dan kabel. Apabila yang muncul dibagian belakang cuma 4 pin saja sedangkan pin no 4 tidak sampai ke belakang maka buka bagian depan soket dan hubungkan pin no 4 dan no 5 dengan menggunakan kabel rambut tipis tanpa disolder. Pasang kembali karet pembungkusnya dan kita lem.
  3. Sebelum karet di pasang dan dilem sebaiknya dicek terlebih dahulu sambungan kabel dengan multi tester untuk mengantisipasi apabila ada yang short.
  4. USB telah selesai kita buat dan siap kita coba pada smartphone.
Sekian semoga berguna...

note download aplikasinya di sini hp harus di root






Comments